Gambar Ilustrasi

Tantangan kita saat ini adalah pengangguran, penurunan daya saing, dan meningkatnya ketimpangan. Negara perlu hadir memastikan tersedianya lapangan kerja, yang produktif, yang memberi tambahan nilai pada tiap aktivitas yang dilakukan warga negara, utamanya yang pokok untuk mendukung kelangsungan hidup seluruh warga negara. 

Lalu, daya saing perlu ditingkatkan, untuk menaikkan produk dan jasa dari sisi kuantitas dan kualitas. Tanpa daya saing yang baik, segala produk yang dihasilkan tentu tidak efisien, terdapat pemborosan, serta tidak memungkinkan dihasilkan produk turunan yang lebih baik. 

Selebihnya dalam menjaga keseimbangan, ketimpangan harus diantisipasi dengan mengupayakan pendapatan penduduk yang merata, sehingga setiap warga negara memiliki daya beli yang cukup, untuk menjamin kebutuhan dasarnya terpenuhi. Itu semua dapat berjalan, manakala sendi kehidupan keagamaan dipergunakan dengan semestinya, agama menjadi spirit dan nilai pendorong setiap individu agar tergerak batinya, untuk berbuat bagi bangsanya.